Kamis, 21 Oktober 2010

Menyapih dengan CINTA (WEANING WITH LOVE)

hmmm.. mungkin proses penyapihan ini tak terbilang sempurna. karena, di awal kehamilan aku sempet mau menyapih secara "paksa". yang sampai berderai2 air mata. yang sampai buat ia rewel, marah2 dan buat aku frustasi sampai jatuh sakit... waktu itu, aku coba pakein asem di nen-ku. awalnya dia malah ketawa2. trus, ditutup deh sama dia. tapi, lama2 dia merasa kangen banget kali ya? jadi marah, rewel, nangis2 ga bisa tidur. dan,,, akhirnya terpaksalah aku berikan nen-nya.
keesokan harinya. aku ngerasa perutku jadi agak mules, dokter, orang tua pun menyarankan untuk menyapih. tak ada dukungan untuk meneruskan menyusui mengingat kondisi kehamilanku. oke lah, kucoba lagi. kali ini aku kasih nen-nya minyak habattusauda. yang, rasanya tuh pahittttt bgt. dia jadi ga mau nen. tapi, akibatnya, rewel, susah tidur, dst dst. 
karena aku frustasi, stress, dsb. aku jadi sering hilang control. aku sendiri takut banget menghentikan asi ini, membuat dia ngga mau dekat2 aku lagi. aku takut kehilangannya. aku benar2 merasa takut... hiks... kondisi ketakutanku ini berakibat aku sering marah2 dsb dsb dsb. dan, akupun jatuh sakit. hingga akhirnya aku browsing tentang menyusui selagi hamil, dan bagaimana tips menyapih. akhirnya aku menemukan tulisan2 tentang menyusui dengan cinta. bagaimana akhirnya si anak yang menyapih sendiri. huaaa banyak juga yang berhasil seperti itu. sampai akhirnya aku putuskan untuk tetap menyusui sambil mempersiapkan proses menyapih dengan pelan2 dan penuh cinta. 
cerita ke suami, awalnya suami malah mematahkan semangatku. tapi, aku dengan yakin bilang, orang lain juga banyak kok yang bisa. 
suami :"tapi kan, berapa banyak yang berhasil dan yang tidak berhasil? bandingkan!"   
aku: "abi kok malah gitu sih? malah mematahkan semangat umi? pokoknya umi mau berusaha. ngga mau nyapih lagi secara paksa. berharap ia kan menyapih sendiri."
lalu... sejak hari itu, aku jadi sering ngobrol... tentang dia yang mau punya adik, bakalan jadi kakak, di perut umi ini ada adiknya, adik ga bisa makan makanan lain selain dari umi, kalo kakak udah bisa makan segala. bisa makan nasi, sayur, buah, tahu, tempe, dst dst dst, trus teteh2nya kalo bobo ngga pernah sambil mimi, mereka bobo sendiri tanpa mimi, nah, kakak juga dah besar,..berarti bobonya ngga mimi dulu ya... 
dan... taraaaa dia memang langsung tertidur. ya Allah... jangan kira mereka tidak mengerti apa2. mereka sangat mengerti bahasa kita. hanya kitanya saja yang perlu bersabar menyampaikan dengan penuh cinta. 
tapi, belum berhasil. belum selesai sampai di situ. karena malamnya dia ngga nen, akhirnya siang dia minta nen. oke lah. jadi sehari cuman sekali nen aja... ya begitulah... kadang malam dia bisa tidur tanpa nen, kadang ga bisa. kadang siang bisa tanpa nen, kadang ga bisa. pokoknya masih angin2an. oke lah umi  terima itu... nikmati saja.
tapi, kira2 2 minggu ke belakang, kalau malem, si adik gerakannya lumayan kenceng, kalo ditambah nen si kakak,  rasanya ga enak banget. jadi umi minta malem ngga nen. dia mau. trus, makin ke sini, perut sering ngerasa kenceng banget. secara dah 7bulan. akhirnya bilang, "kak, boleh ya ngga nen lagi? kalo umi ngeenenin kakak, perut rasanya kenceng banget, rasanya sakit banget," 
sampai akhirnya, 2 hari ini... sudah lebih dari 2x24jam. dia ngga nen.. tanpa brotowali, asem, atau habattusauda lagi. hanya bilang, "umi sakit kalo nen. kan, kakak dah besar, minum susu aja ya"
besok insyaAllah cerita lagi. dah ngantuk nih.. 

*saat kakak 20bulan...
*adik 7 bulan di perut umi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar