Selasa, 26 Oktober 2010

mengatasi tantrum anak (red Raizan)

kemarin baca notesnya temen tentang tantrum. hm... aku, dengan lancarnya ngomong musti konsisten. tak taunya aku diuji juga baru saja. hahahaaa..
pasalnya, ci kakak mang lg gtm. atau mungkin kupikir lebih tepatnya, "ga suka masakan umi". yang isinya banyak sayuran.. n ga pernah pake vetsin atau royco2an. hiksss...
tp, aku bener2 lagi pengen ngerubah pola makannya si kakak. pasalnya, pupnya si kakak ga lancar. seperti kurang serat. si kakak, kalau makan lebih banyak karbohidratnya. ya... orang2 dulu mah kan pemikirannya, "yang penting makan banyak, segut makannya." tapi, mereka tau ngga sih masalah kakak Raizan? masalah pupnya yang kurang lancar?
dan, lalu apa hubungannya dengan tantrum? nah.. tadi, waktu jam makan malam, si kakak malah liat kue lapis. hm... dan mintalah ia ke kakak ipar. dannn disuapilah ia... hm.. aku yang lagi semangat mau nyiapin makanan setelah sholat jadi patah semangat. tapi, kemudian bangkit kembali bismillah. kusiapkan menu yang seperti biasa disisipin sayuran. dan,,,, taraaa... si kakak mau makan...
dan.. lalu dia kayanya ngerasa ngga enak. ogah lagi makan tuh makanan.
kuajak main aja ke bawah. "tapi, janji ya di bawah makan?" dia mengiyakan.
baru beberapa suapan saja,, eng ing eng... godaan datang... kue bakpia...
huaaaaaaaaaaa dia bilang.. "kue kue kue.." ibu mertua dan kakak ipar nawarin tuh makanan. dan, aku sembunyiin aja... tapi, dia keukeuh minta kue itu. aku tagih janjinya tuk makan. dia keukeuh ga mau makan, akhirnya nangis... huuuuuuuu... what shoul I do??? dan, aku berusaha konsisten dong... depan mertua dan kakak ipar??? hmmm... ga tahan deh kalo kakak nangis depan orang lain. dan, aku harus memenuhi keinginannya??? ohhhh tidakkk... tidakkk tidakkk.. aku harus konsisten. aku harus tegas. akhirnya dengan sigap tanpa memedulikan tangisannya, dsb aku bawa dia ke kamar dengan membawa makanannya. dikuncilah kamar. di kamar dia masih nangis juga. aku bingung bukan kepalang.
tapi, aku tetep konsisten... inget chatingan sama temen... pas pesen ayahnya , "dzikir." aku pun inget... dzikir.. minta sama Allah jangan sampai berakhir buruk. berakhirlah dengan indah. doa sama Allah yang menguasai hati hambaNya. meski tegas berusaha tidak marah. berusaha tenang. aku masih sempet nyuruh si kakak nyalain kipas angin, aku buka2 vcd, dan.. akhirnya... alhamdulillah sesuai perjanjian, "dua suapan terakhir kakak boleh turun." dan, setelah itu, iapun menagih janji itu.. aku segera memeluknya penuh cinta. tetap mengatakan bahwa ia anak yang sholeh,,, kucium2 ia.. karena sesungguhnya akupun tak tega melihatnya menangis. hatikupun ikut menangis nak...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar